3/11/2013

Foktor-faktor Pemilihan Sistem Penambangan





                                                    Korelasi Back Hoe dan Dump Truck





Agar suatu daerah tambang dapat menghasilkan Keuntungan dari sisi kekonomian dan faktor keselamatan bahkan menurut UU Nomor 4 Tahun 2009, Penambangan harus berdasarkan Ekologi, dimana harus memperhatikan aspek Lingkungan. Tak boleh hanya berdasarkan sisi Ekonomi saja. Berikut ini hal-hal apa saja yang akan diperhitungkan dalam pemilihan sistem penambangan :
1. Karakteristik Endapan, yaitu dimana meliputi besarnya endapan, letak endapan, kemiringsn Endapan, serta kedalaman endapan. Hal ini pada dasarnya akan membantu kita dalam menentuka SR (Stripping Rasio) yaitu besarnya Material yang akan di angkut dibandingkan dengan Bahan Galian (Batubara) yang dapat di ambil (Tonnase)
2. Karakteristik Geologi dan Hidrologi
Karakteristis Geologi dapat berupa struktur Geologi yang ada pada daerah endapan. jika terlalu kompleks, maka diperlukan perhitungan untuk mengatasi struktur Geologi tersebut. Contohnya saja adalah Sesar, jika pada daerah endapan yang dimiliki oleh PT. Tebar Pesona terdapat sesar Naik, maka bagaimana dengan karakteristik Batubara yang ada, bagaimana jarak kedalaman, trus bagaimana cara menambangnya sehingga penambangan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. dari sisi Hidrogeologi adalah dasar pertimbangan terhadap ada tidaknya aliran air artesis, air limpasan, dan bagaimana penentuan Catchment Area (daerah yang dapat meloloskan air). semua itu akan menjadi dasar pertimbangan bagaimana dasar dari bentuk pit type yang akan di rancang. tambahan lagi adalah didalam perencanaan tambang, perlu dipertimbangkan bagaimana kita mengumpulkan semua data-data. baik itu data semua peta (hidrogeologi, litologi, kontur, isopatch, geologi, persebaran penduduk, dan data-data penunjang). sehingga dalam pembuatan perencanaan tambang dapat berjalan dengan baik.
3. Sifat-sifat Geoteknik
hal ini yaitu bagaimana kondisi mekanika batuan yang terjadi didalam tambang tersebut.
4. Faktor Ekonomi dan Teknologi
Faktor Ekonomi dilihat dari besarnya cadanga terukur (Measured) yang dapat ditambang dan dari segi kualitas batubara juga harus di perhitungkan. semakain tinggi kadar kalori batubara, harga/ton akan semakin mahal. untuk itu perlu suatu teknologi yang baik. jika penambangan masih secara umum yaitu menggunakan korelasi Back Hoe dan Dump Truck maka hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah perhitungan Match Factor. coba kita banyangkan jika Back hoe menunggu, biaya operasional pasti akan menigkat. selain itu saat ini telah berkembang aplikasi Program pertambangan yang cukup hebat, sebut saja Minescape. aplikasi yang memudahkan memetakan dalam perhitungan cadangan, penentuan daerah yang di tambang, bahkan denga minescape kita dapat membuat perencanaan tambang berdasarkan prioritas pit yang akan di tambang.
5. Faktor Lingkungan
Banyak yang mengatakan bahwa tambang pada umumnya adalah merusak lingkungan, sebenarnya itu bergantung dari kacamata masing-masing pihak. saat kita memandang Tambang dari sisi ekologi, pasti merusak, namun jika di pandang dari sisi pertambangan, sebenarnya tambang bukan merusak. kok begitu ? yah, bayangkan saja, dalam membuat perusahaan tambang, membutuhkan dana yang bukan 1 - 2 Milyar, namun sampai 1 Triliun. semua aspek telah di perhitungkan, bahkan sebelum melakukan eksploitasi, terlebih dahulu dilakukan Feasibillity Study (Study Lingkungan). hal, ini bertujuan agar melihat sejauh mana pembongkaran daerah tambang, jika FS yang dilakukan salah, maka rusaklah tambang. biasanya laporan FS akan di cek dan dipertanggung jawabkan oleh si pembuat. selain itu, pertambangan juga melakukan Study Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sehingga dapat mencegah air asam tambang untuk dikemanakan selanjutnya. Dalam kegiatan tambang juga dilakukan pengambilan Top Soil (Tanah Humus) bertujuan untuk setelah dilakukan pengambilan endapan Batubara, maka penimbun atasnya adalah Top Soil tersebut.
"Faktor inilah yang mempengaruhi sistem penambangan, apakah dilakukan sistem penambangan terbuka ( Open Pit / Open Cast) atau sistem penambangan Tertutup (Underground Mining)."

Buat teman-teman pembaca, minta komentar yang membangun dong, salam Inspirasi TGIF. Salam Tambang

THE END-

Tidak ada komentar: