3/11/2013

Tamba, Tamka, Tambair (3 T)

Hmm... hari ini semakin menggeluti tentang tambang. banyangkan aja deh, setiap hari berkutit dengan tambang.
satu philosofi yang menguatkan pemahaman kita tentang tambang dari saya yaitu :


"saat aku masih kecil, maka pemikiranku sperti anak kecil, saat aku dewasa maka pemikiranku akan menjadi dewasa, saat aku menjadi seorang penambang maka aku akan berpikir layaknya seorang penambang"
Yah,,, gak mau dong menambang bahan galian dan gag bertanggung jawab terhadap lingkungan. itu miris sekali deh kayaknya.
 sore ini mau membukakan tentang Tamba, Tamka, Tamair (3T)
itu singkatan lohhh... uda tahu kan ?
yukk... saat ya belajar, saya akan menggunakan bahasa yang baku.

Tamba atau Tambang Bawah Tanah (Underground Mining) adalah aktivitas penambangan yang dilakukan dibawah permukaan bumi dan tempat kerjanya tidak berhubungan dengan udara bebas. jadi diperlukan sistem ventilasi (Auxillary atau exhaust)

Tamka atau Tambang Terbuka (Open Pit / Open Cast) adalah aktivitas penambangan yang dilakukan oleh penambang atau orang yang bekerja didaerah tambang dilakukan di permukaan bumi atau dekat dengan permukaan bumi dan itu berhubungan dengan udara bebas.

Tambair atau  Tambang Bawah Air adalah aktivitas penambangan yang dilakukan dibawah air atau laut dan daerah penambangannya tidak berhubungan dengan udara bebas.

pertanyaan : Jadi, kalo penambangan itukan High technology, jika kita menggunakan robot untuk menambang dibawah permukaan tanah, berarti kita termasuk dalam sistem klasifikasi sistem penambangan bawah tanah dong. hmm... saya rasa tidak, ingat konsepnya dong. penambangan itu dilakukan oleh penambang atau orang yang bekerja diarea tersebut. jadi robot kan bukan manusia, jadi tergantung orang yang mengendalikannya. jika dilakukan di permukaan bumi, masih termasuk tambang terbuka kan :D

THE END-

Tidak ada komentar: