3/13/2013

Rope Haulage, Wire Rope, Drum, and Winch Part 1

Didalam tambang bawah tanah terdapat alat-alat tambang yang sebaiknya diketahui oleh seorang mine engineer. sebab didalam tambang bawah tanah, pergerakan kerja menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan produksi. Beikut akan dijelaskan beberapa alat yang ada didalam tambang bawah tanah.

Rope Haulage 

dioperasikan dengan kemiringan track yang besar yaitu 1 : 20. Rope haulage adalah alat yang digunakan untuk tambang bawah tanah, prinsip kerjanya adalah dengan menarik lori yang telah di pasang dengan sebuah wire dan drum kemudian di tarik.
macam-macam Rope Haulage ada 3 yaitu :
1. Main or Direct Rope Haulage yang dibagi 2 lagi yaitu :
    A. Direct Single System yaitu dengan dibandu dengan Drum dan Pulley untuk menarik Lori yang diikatkan pada Rope
    B. Direct Double System yaitu dengan menggunakan Motor Penggerak (Winch) dan 2 buah Drum yang dipasang disebelah kiri dan kanan Winch kemudian dilakukan penarikan lori yang diikatkan pada rope secara bergantian.
2. Main or Tail Rope Haulage yaitu Hampir sama seperti Direct Double System namun dilakukan secara seri dengan menggunakan pulley sebagai lintasan bergeraknya.
3. Pulley Driven yaitu dengan menggunakan pulley yang berukuran sangat besar yang kemudian dengan bantuan sebuah drup untuk menggulung rope yang telah dipasang satu atau beberapa lori.

Wire Rope

Adalah Tali pengikat yang terdiri dari kawat-kawat, bagiannya teridi dari Rope Wire (kawat individu yang menyusun rope), Strand yang terdiri dari sejumlah lilitan kawan mengelilingi strand Core dan Core (inti kawat).
Tipe dan Bentuk dari Strandada 4, yaitu :
 1. Round Strand Rope
2. Flat / Ribbone Strand rope
3. Triangular Strand Rope
4. Oval Strand Rope

Penulisan nama Wire Rope
jika didalam pembelian Round Strand Rope kita mendapati kode seperti ini 6 x 19 (9/9/1) maka ini menunjukkan bahwa Round Strand Rope dengan 6 Strand Rope dan masing-masing strand memiliki 9 pver wire(Kawat Luar), 9 inner Wire (kawat Dalam) dan 1 Core Wire (kawat Inti) dengan arah lilitan searah lilitan kawat.

Drum

Adalah alat yang digunakan untuk menggulung "Wire Rope" pada Rope Haulage System.
 dalam Penentuan ukuran diameter drum perlu dipertimbangkan beberapa hal berikut :
1. Ukuran Wire Rope
2. Pengaruh Bending Strength
Umumnya diameter drum adalah (60-100) x Diameter Rope Wire

Motor Penggerak

Adalah alat yang digunakan untuk memutar "Drum" didalam menggulung Wire Rope atau biasa disebut juga sebagai winch (Derek). Tenaga penggerak dapat berupa Listrik, compressed air, mesin uap dan diesel. Tenaga dalam winch dalam satuan Horse Power (HP) dan KW (Kilo Watt)

TO CONTINUED -

Tidak ada komentar: