3/14/2013

Lokomotif dan Hoist. Part 2 (Tamba)

Menambahkan lagi dari alat-alat tambang yang ada di bawah tanah. ini Part 2. check out, miner.


Lokomotif
Adalah alat dalam tambang bawah tanah yang mempunyai sistem Rail Haulage System. artinya mempunyai track dalam bertugas. Lokomotid didalam tambang dapat digunakan sebagai alat angkut karyawan, Bijih, Suplai Tambang (kebutuhan Pekerja). Lokomotif yang pernah saya ketahui dan masih berjalan salah satunya adalah di Dalam Tambang Ikeshima, Jepang. Yaitu didalam tambang Bawah Laut.


Tipe-tipe Lokomotif dibagi 4, yaitu :
  1. Trolley Lokomotif yaitu butuh track system dan mempunyai tenaga sampai 100 HP
  2. Gasoline Lokomotif yaitu mempunyai kecepatan 3-12 MPH dan menghasilkan 4-6% gas CO, bahkan jika pemakaian sudah lama dan maintanance tidak selalu kontininyu dapat menyebabkan gas CO yang dikeluarkan bisa mencapai 13,5%
  3. Battery Lokomotif yaitu Lokomotif yang membutuhkan sel Batteray, sehingga sering disebut dengan storage batteray Lokomotif. Kecepatan tidak  lebih dari 5 MPH
  4. Compressed air Lokomotif yaitu Lokomotif yang membutuhkan Kompresor yaitu silinder yang berisi udara mampat atau compressor tank dengan tekanan 100-175 Atm.
 Alat ini bukanlah alat yang digunakan didalam tambang bawah tanah, naun kebutuhan alat ini mutlak sebagai pintu utama pada saat pembukaan tambang bawah tanah. yaitu "Hoist"

Hoist
Adalah alat yang beroperasi pada vertikal atau inclined shaft maupun slope haulage. bagian-bagian dari Hoist adalah Head Frame,  Hoist Drum, Head Sheaves, Underwine Rope, Overwind Rope.

Tidak ada komentar: