4/06/2013

Abstrak Swabakar pada penambangan batubara Tamba



Swabakar atau yang dikenal juga Self Combustion adalah terbakarnya batubara. Terbakarnya batubara dapat terjadi di di bawah tanah akibat aktifitas penambangan yang belum kurang teliti. Hal ini dapat menyebabnya terhentinya proses penambangan dan bahkan bisa berpengaruh terhadap keselamatan dan kesehatan pekerja yang berada pada daerah penambangan. Hasil akhirnya adalah target produksi tidak tercapai dan menyebabkan kerugian pada perusahaan.

 
Swabakar terjadi akibat adanya proses oksidasi batubara didalam udara. Batubara yang didalam roses oksidasi akan menghasilkan panas, namun apabila panas batubara tidak dapat dilepas atau didinginkan , maka temperatur meningkat dan akhirnya batubara terbakar menimbulkan api.
Pada Tambang Bawah tanah ( Undergroud Mining ), proses swabakar dapat terjadi di beberapa tempat seperti pada runtuhan atap lorong, patahan lapisan batubara, lorong yang telah di sealing, lokasi batubara yang rapuh, tempat yang terjadi retakan atau serbuk batubara yang berceceran akibat tekanan Batuan serta penggunaan Metode penambangan yang dilakukan juga menentukan potensi terjadinya swabakar.

Kata Kunci : Swabakar, Tambang Bawah Tanah ( Underground Mining), dan Oksidasi Batubara.

Tidak ada komentar: