3/24/2013

Sekilas tentang Coal Bed Methane



Coal Bed Methane  (CBM) adalah suatu bentuk gas alam yang berasal dari batu bara  Batubara memiliki kemampuan untuk menyimpan gas dalam jumlah yang sangat besar dari volume batuan yang dimanfaatkan untuk konvensional reservoir. Hal ini disebabkan karena Batubara memiliki fracture yang disebut dengan cleat. Istilah CBM ini merujuk kepada gas metana yang teradsorbsi ke dalam matriks padat batu bara. Keberadaan gas ini diketahui dari pertambangan batu bara di bawah permukaan bumi yang kehadirannya menjadi sebuah resiko pekerjaan. Gas yang terdapat didalam batubara dikenal dengan Coal Bed Methane (CBM) dengan rumus Kimia CH4. Penampang Cleat yang didalamnya terdapat Face Cleat dan Butt Cleat dapat dilihat pada gambar 1 dibawah ini.




                                                           Gambar 1                
Penampang Batubara

Gas Methane dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :
1.   CMM (Coal Mine Methane) yaitu merujuk pada gas metana yang keluar dari lapisan batubara yang terganggu akibat aktifitas penambangan batubara underground. CMM keluar akibat tambang terbuka biasanya pada kedalaman <500 M sedangkan pada tambang bawah tanah pada kedalaman >500 M.
2.      CBM (Coal bed Methane ) yaitu Gas methana yang tidak digunakan didalam kegiatan pertambangan dan mempunyai sifat untuk di produksi.

Tidak ada komentar: